Peningkatan Mutu, GKM Lakukan Benchmarking Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selasa, 6 Desember 2022, GKM beserta Wadek 1, Kepala Kabag TU, Kaprodi PPG bertemu disambut langsung oleh Dekan Prof.Dr Hj Aan Hasanah M.Ed, Wakil Dekan I (Bidang Akademik) Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag. Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama), Drs.H Mumu Abdurrahman,M.Pd., dan bapak Sekretaris KPM (Komite Penjaminan Mutu) Hamdan Sugilar M.Pd. para pimpinan menyambut baik kedatangan kami dalam rangka Benchmarking mengenai UPM dan GKM serta persiapan akreditasi dan penjaminan mutu fakultas. Di FTIK UIN Sunan Gunung Djati Bandung ada KPM atau Komite Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas dan GPM atau Gugus Penjamin Mutu pada tingkat Prodi. KPM dan GPM belum masuk di dalam ortaker, namun di SK kan oleh rektor. KPM dan GPM bekerja di bawah pimpinan dekan dan berkoordinasi secara langsung dengan Lembaga Penjaminan Mutu Universitas. KPM terdiri dari Ketua KPM dan Sekretaris KPM, dan di bawah KPM yaitu GPM di masing-masing prodi, karena belum masuk di dalam ortaker, untuk pembiayaan dan kegiatan dibiayai oleh Fakultas sesuai dengan pengajuan.

KPM dan GPM bertugas dan bertanggung jawab dalam pengendalian mutu di fakultas dan prodi dengan berpanduan pada SPMI dan akreditasi. GPM prodi bertugas untuk memvalidasi RPS pada tingkat prodi sesuai dengan konsorsium dan keilmuan. evaluasi bersama mahasiswa. Dari KPM dilakukan (Rapat Tinjauan Management) RTM prodi per 2 minggu sekali, Fakultas perbulan dan tingkat Universitas per semester. KPM bertugas untuk membuat SOP bersama GPM, dan melakukan evaluasi tindak lanjut, KPM bersama UPPS menyiapkan data dengan timeline pendampingan yang dilakukan. GPM melakukan koordinasi bersama prodi untuk melakukan evaluasi dan akreditasi secara berkala dalam melakukan pendampingan akreditasi. Pada Standar SNPT RTM sebagai evaluasi tindak lanjut yang dilakukan.

Kedudukan disampaikan dari penjaminan mutu, dilakukan koordinasi, meminitoring dan melakukan Monev oleh KPM, Struktur berada pada LPM, KPM dan GPM prodi dan sering dilakukan pelatihan untuk kegiatan Auditor AMI. Adapun kegiatan penyebaran angket kepuasan pembelajaran rutin dilakukan di setiap semester untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan, begitu juga dengan angket layanan akademik diberikan secara berkala kepada dosen dan mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjaminan mutu di tingkat fakultas, dengan mengadakan pelatihan terkait e-learning kampus bagi Dosen dan Mahasiswa, terkait penelitian bisa di akses di hal jurnal dan google scholar. Hal ini penting untuk dilakukan dengan standar akreditasi.

Namun terlepas dari apa yang telah dikerjakan KPM dan GPM di lingkungan FTIK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mereka menyadari bahwa giat menggaungkan kembali peran penjaminan mutu oleh KPM dan GPM puncaknya di awal tahun 2019 hingga sekarang. Walaupun demikian, mereka juga tak memungkiri bahwa mereka sedang menata mutu internal Fakultas dengan berbagai permasalahan yang ada.

Oleh: Admin Mutu FTIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *